PENGGALANG RAKIT

PENGGALANG RAKIT




PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 8 / I
Waktu            : 3 x 90 menit

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
1.    Mengapresiasikan dan mengekspresikan diri melalui perilaku penggalang rakit.

C.     Sasaran
-    Membuat macam-macam simpul
-    Membuat dragbard
-    Memberi pertolongan pertama pada penderita patah tulang

D.     Substansi Kegiatan
-    Tali simpul
-    P 3 K
-    PBB

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Pertemuan I     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Pesdik memberikan alur pembuatan simpul melalui gambar
-    Pesdik membuatr simpul panmgkal, mati, jangkar, silang dan palang
-    Penutup
-    Upacara penutupan

   

Pertemuan II     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Pesdik mengambil tongkat 2 dan tali 10 mt
-    Pesdik memperhatikan contoh pembuatan dragbard
-    Masin-masing kelompok ( 5 orang ) membuat dragbard
-    Mengevaluasi hasil dragbard
-    Mengumumkan hasil evaluasi dan memberi reward
-    Penutup
-    Upacara penutupan

Pertemuan I     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Pesdik menyiapkan peralatan P3K perkelompok 5 orang
-    Pesdik melakukan pertolongan pertama pada penderita patah tulang
-    Melaporkan hasil pertolongan
-    Penutup
-    Kebersihan ( Operasi semut )
-    Upacara penutupan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Tali, benang bol
-    Tongkat
-    Alat – alat P3K

H.    Evaluasi
-    Penilaian proses
-    Penilaian hasil
-    SKU





PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 8 / I
Waktu            : 3 x 90 menit

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
2.    Mengamalkan Dasa Dharma, Tri Satya, dan Pancasila dalam kehidupan sehari – hari

C.     Sasaran
    Pertemuan I
-    Menyebutkan Dasa Dharma Pramuka
-    Memberi contoh perilaku Dasa Dharma ke 10
-    Menyebutkan Tri Satya
-    Menjelaskan arti Tri Satya
-    Memberi contoh perilaku yan sesuai dengan jiwa Tri Satya
    Pertemuan II
-    Mengerti Pancasila
-    Menyebutkan Pancasila
-    Menjelaskan keterkaitan antara sila 1 sampai dengan sila 5
-    Memberi contoh amalan dari masing – masimg sila

D.     Substansi Kegiatan
-    Dasa Dharma
-    Tri Satya
-    Pancasila

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Pertemuan I     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Siswa menyanyikan lagu bersyairkan Dasa Dharma yang diiringi dengan tepuk.
-    Siswa menyebutkan Dasa Dharma
-    Memberi contoh perilaku Dasa Dharma ke 1 – 10 menurut pembagian tugas
-    Tanya jawab tentang perilaku yang tidak sesuai dengan Dasa Dharma

-    Penutup
-    Berdoa dan salam pramuka
-    Upacara penutupan

   

Pertemuan II     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Siswa mendengarkan penjelasan arti Tri Satya
-    Siswa membaca Tri Satya secara bergantian yang diawali dan diakhiri dengan tepuk tangan
-    Siswa memberi contoh perilaku pengamalan Tri Satya
-    Siswa menyanyikan lagu – lagu pramuka

-    Penutup
-    Upacara penutupan

Pertemuan III     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Siswa menyebutkan sila-sila dalam Pancasila bersama – sama.
-    Siswa menyebutkan arti dari Pancasila
-    Siswa mendiskusikan keterkaitan antara sila 1 sampai dengan 5 dan contoh – contoh amalannya
-    Siswa melaporkan hasil diskusi
-    Pembina memberi poenilaian

-    Penutup
-    Kebersihan ( Operasi semut )
-    Upacara penutupan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Teks Dasa Dharma
-    Teks Tri Satya
-    Teks Pancasila beserta gambar Garuda yang berperisai

H.    Evaluasi
-    Penilaian proses
-    Penilaian hasil
-    SKU




PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :8/  I
Waktu            : 3 x 90 menit

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
        3.     Menjelaskan arti symbol-simbol dalam Gerakan Pramuka dan negara NKRI

C.     Sasaran / Indikator
-    Simbol-simbol umum dalam Pramuka
-    Simbol-simbol SKK Rakit
-    Memasang symbol-simbol TKK

D.     Substansi Kegiatan
-    Simbol umum Pramuka: Tunas, Lely, wilayah, Daerah, tanda reu dll
-    Simbol SKK rakit
-    Simbol TKK

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Pertemuan I     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Menunjukan dan menyebutkan symbol umum pramuka
-    Menjelaskan arti symbol tersebut
-    Menunjukan letak penempatan symbol tanda :
- Tunas di ……
- Leli di ….
- Wilayah di …..
-    Menempelkan symbol-simbol secara simbolis
-    Penutup
-    Upacara penutupan

    Pertemuan II     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Menunjukan dan menyebutkan SKK rakit
-    Menjelaskan fungsi tanda rakit
-    Menunjukan letak pemasangan tanda rakit
-    Memasang tanda rakit secara simbolis
-    Penutup
-    Upacara penutupan

Pertemuan III     :
-    Pendahuluan :
-    Upacara Pembukaan
-    Presensi
-    Inti        :
-    Menunjukkan dan menyebutkan tanda-tanda TKK wajib
- TKK Upacara
- TKK mendirikan tenda
- TKK P3k
- TKK Masak
- dll
-    Menjelaskan fungsi TKK tsb
-    Menunjukkan letak pemasangan tanda TKK
-    Melaksanakan tugas untuk mendapatkan TKK tsb
-    Memasang tanda TKK secara simbolik
-    Penutup
-    Kebersihan ( Operasi semut )
-    Upacara penutupan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Kumpulan symbol-simbol Pramuka, SKK, TKK

H.    Evaluasi
-    Penilaian proses
-    Penilaian hasil
-    SKU









PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 8 / I
Waktu            :

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
        4.    Menjelaskan tata pemerintahan yang ada di Neara RI

C.     Sasaran
-    Memahami tata pemerintahan negara RI
-    Melaksanakan tata pemerintahan negara RI

D.     Substansi Kegiatan
-    Mengenal stuktur organisasi pemerintahan tinkat II sampai ke desa
-    Tahu nama/alamat kepala desa dan tokoh masyarakat disekitar tempat tinggal ( RT/RW )

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Langkah - langkah     :
-    Pembina menjelaskan Susunan pemerintahan Tk II
-    Pembina menjelaskan susunan tingkat Desa
-    Pembina menjelaskan nama/alamat kepala desa dan tokoh masyarakat lain ditempat tinggalnya.
-    Susunan pemerintahan Tk II s/d desa dan nama alamat kepala desa
-    Pembina mengadakan kompetisi tentang materi yang dibereikan
-    Pembina memberikan hadiah kepada regu pemenang

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Pokok pedoman Pramuka
-    Buku SKU
-    Alat tulis
-    Peluit dan halaman









PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 5,6 / I
Waktu            :

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
5. Menjelaskan makna hari-hari nasional dan tokoh – tokoh pahlawan nasional

C.     Sasaran
-    Dapat menyebutkan tokoh-tokoh pelaku peristiwa 10 Nopember
-    Dapat menunjukan sifat kepatriotisme tokoh pelaku peristiwa 10 Nopember

D.     Substansi Kegiatan
-    Peristiwa 10 Nopember
E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Pembina menunjukan gambar – gambar tokoh Pahlawan
-    Peserta didik dapat mengelompokan Pahlawan – pahlawan pelaku peristiwa 10 nopember
-    Pembina menjelaskan latar belakan peristiwa 10 Nopember
-    Peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat yang dimiliki tokoh – tokoh Pahlawan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   





PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 8 / I
Waktu            : 2 x 40 mnt

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
6.    Mengimplementasikan kegiatan Kepramukaan dalam kehidupan sehari – hari.

C.     Sasaran
-    Menerapkan kegiatan gotong royong dilingkungan sekolah
-    Memperbaiki kerusakan kecil pada alat-alat   rumah tangga/pakaian
-    Memelihara kebersihandilingkunan sekolah

D.     Substansi Kegiatan
-    Pengertian gotong royong
-    Tujuan gotong royong
-    Contoh kegiatan gotng royong
-    Pengertian kebersihan
-    Tujuan kebersihan
-     Contoh beberapa kerusakan kecil pada alat-alat rumah tangga/ pakaian

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    1.     Masin – masing regu adu cepat menumpulkan dan memilah sampah sesuai    dengan     jenis sampah ( kering / basah).
3.    Merefleksi dari kegiatan yang telah dilakukan tentang keuntungan dan kerugian sampah searta penitngnya kebersihan
4.    Masing-masing anak adu cepat memasang kancing.
5.    Memberi penghatrgaan kepasda regu yang berprestasi.
-   

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Tempat sampah
-    Sapu ijuk/lidi
-    Serok
-    Kain perca
-    Kancin
-    Perlenkapan menjahit




PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 8/ I
Waktu            : 2 x 40 menit



A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
7.    Mengapresiasikan adat istiadat dan budaya Indonesia dalam kehidu[psan sehari – hari

C.     Sasaran / Indikator
-    Dapat menyanyikan dimuka pasukan Penggalang lagu – lagu wajib dan lagu daerah
-    Menyajikan satu macam kegiatan seni budaya.
-    Dapat menrapkan adat istiadat sopan santun pergaulan Indonesia

D.     Substansi Kegiatan
-    Lagu Satu Nusa Satu Bangsa
-    Lagu Maju Tak Gentar
-    Lagu Apuse
-    Lagu Rasa Sayange
-    Memperagakan tari remo,  tari kecak
-    Menerapkan adat sopan santun dalam kehidupan sehari – hari


E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Langkah awal     :
-    Upacara Pembukaan latihan
-    Materi lagu – lagu wajib
      Pembina memberi lagu daerah Apuse dan rasa sayange
-    Permainan sambung lagu
-    Menyebut cirri kas tari remo dan tari kecak
-    Memberi salam pramuka dengan benar
-    Upacara penutupan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    SKU
-    Alat tulis
-    Buku kumpulan lagu wajib dan daerah
-    VCD

PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 8/ I
Waktu            : 3 x 90 menit

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
        8.    Melaksanakan  kegiatan olah raga seuai dengan potensi dirinya

C.     Sasaran / Indikator
-    Mampu melakukan kegiatan olah raga renang gaya

D.     Substansi Kegiatan
-    Tehnik meluncur
-    Tehnik erakan kaki gaya bebas
-    Tehnik erakan tangan gaya bebas
-    Tehnik pengambilan nafas  gaya bebas
-    Koordinasi gerak kaki tanan dan pengambilan nafas gaya bebas

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Pertemuan I     :
-    Siswa melakukan pemanasan
-    Siswa melakukan pengenalan air
-    Siswa melakukan latihan gerakan kaki dipinggir  kolam
-    Pembina mengamati dan membetulkn gerakan yan salah
    Pertemuan II     :
-    Siswa melakukan pemanasan dan dilanjutkan pengenaln air
-    Siswa melakukan latihan gerakan tangan sesuai petunjuk pembina
-    Pembina membetulkan gerakan tanan yang salah
    Pertemuan III     :
-    Siswa melakukan pemanasan dan dilanjutkan pengenalan air
-    Siswa melakukan latihan pengambilan nafas
-    Siswa melakukan latihan koordinasi
-    Pembina melakukan evaluasi dan pembetulan gerakan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Pelampung
-    Peluit



PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  I
Waktu            : 3 x 90 menit

A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.

B.    Kompetensi Dasar
        9.     Mengimplementasikan kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari – hari

C.     Sasaran / Indikator
-    Dapat menhafal bacaan doa harian islam
-    Tahu riwayat singkat Nabi Muhammad

D.     Substansi Kegiatan
-    Doa harian ( doa selesai sholat, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan sesudah tidur )
-    Sejarah Nabi Myuhammad

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Apresiasi     :
-    Upacar pembukaan
-    Pretest : memotivasi siswa dengan game secara beregu, tepuk waktu sholat
Inti        :
-    Secara bergantian tiap regu membacakan doa harian yang sudah diperintahkan
-    Pembina memberikan penjelasan doa harian
-    Menyanyikan lagu yang berhubungan dengan nabi Muhammad
-    Secara beregu menceritakan kembali sejarah Nabi Muhammad (Diskusi kecil)
Penutup
-    Posttest : - Meningatkan kembali doa harian
           - Mengumpulkan hasil diskusi
                       - Kesimpulan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana   
-    Kertas HVS
-    Spidol
-    Unting
-    Tape recorder + kaset
-    SKU

Previous
Next Post »