Diagram lingkaran adalah penyajian data dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian-bagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.
Penyajian data dalam diagram lingkaran terbagi atas beberapat juring yang dinyatakan dalam bentuk persen (%) atau dapat pula dinyatakan dalam bentuk besar sudut. Besarnya persentase atau besarnya sudut dapat menentukan besarnya nilai data atau frekuensi dari suatu data tertentu. Jika juring dinyatakan dalam persen maka untuk satu lingkaran penuh adalah 100% dan jika setiap juring dinyatakan dalam derajat maka besarnya sudut dalam satu lingkaran penuh adalah 360 derajat.
Ayo Kita Amati
Diagram lingkaran biasanya digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk persentase. Menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran hampir sama dengan menyajikan data dalam bentuk diagram batang dan diagram garis.
No | Jenis Pekerjaan | Banyak |
---|---|---|
1. | Pegawai Negeri Sipil | 12 |
2. | Pegawai Swasta | 6 |
3. | TNI/POLRI | 8 |
4. | BUMN | 6 |
5. | Petani | 10 |
6. | Nelayan | 2 |
7. | Pedagang | 2 |
8. | Lain-lain | 4 |
Jumlah | 50 |
1. Bagaimana menentukan nilai persentase dari masing-masing data?
2. Bagaimana menentukan sudut pada setiap juring masing-masing data?
Ayo Kita Menggali Informasi
Hasil pengumpulan data tentang ukuran sepatu siswa diperoleh data sebagai berikut.
No | Ukuran sepatu | Frekuensi |
---|---|---|
1. | 33 | 2 |
2. | 34 | 4 |
3. | 35 | 3 |
4. | 36 | 2 |
5. | 37 | 6 |
6. | 38 | 4 |
7. | 39 | 3 |
Total | 24 |
Untuk menyajikan data tersebut menjadi diagram lingkaran, kalian bisa mengelompokkan ukuran-ukuran sepatu yang sama, kemudian setelah itu menghitung persentase setiap ukuran sepatu.
Ukuran | Turus | Frekuensi (f) | Persentase | |||
---|---|---|---|---|---|---|
33 | II | 2 |
| |||
34 | IIII | 4 |
| |||
35 | III | 3 |
| |||
36 | II | 2 |
| |||
37 | 6 |
| ||||
38 | IIII | 4 |
| |||
39 | III | 3 |
| |||
Total | 24 | 100% |
Selanjutnya untuk menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran, kalian harus menentukan luas daerah pada lingkaran yang sesuai dengan frekuensi masing-masing ukuran sepatu. Luas daerah pada suatu lingkaran sesuai dengan sudut pusat daerah pada lingkaran. Oleh karena itu, untuk menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran, kalian harus menentukan ukuran sudut pusat daerah masing-masing frekuensi. Seperti yang kita tahu, satu lingkaran sudut pusatnya adalah 360°.
Ukuran | Turus | Frekuensi (f) | Persentase | |||
---|---|---|---|---|---|---|
33 | II | 2 |
| |||
34 | IIII | 4 |
| |||
35 | III | 3 |
| |||
36 | II | 2 |
| |||
37 | 6 |
| ||||
38 | IIII | 4 |
| |||
39 | III | 3 |
| |||
Total | 24 | 360° |
Ayo Kita Menalar
1. Kalian sudah mengetahui cara menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Sekarang perhatikan berbagai jenis data yang disajikan dalam. Manakah diantara
jenis data tersebut yang lebih tepat disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, atau diagram lingkaran (beri tanda √).
No | Jenis data | Diagram Batang | Diagram Garis | Daigram Lingkaran |
---|---|---|---|---|
1. | Banyaknya siswa laki-laki dan perempuan dalam satu sekolah | √ | √ | - |
2. | Harga BBM pada tahun 2000 – 2013 | √ | √ | - |
3. | Banyaknya siswa yang mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler | - | - | √ |
4. | Hasil pemilukada di suatu daerah tertentu | √ | √ | √ |
5. | Banyak mobil yang terjual di suatu kota dalam waktu 5 tahun terakhir | - | √ | - |
6. | Jenis pekerjaan orang tua siswa kelas 8 | - | - | √ |
7. | Tinggi badan siswa dalam satu kelas | √ | √ | - |
8. | Nilai ulangan Harian siswa dalam satu kelas | √ | - | - |
Diagram batang
Diagram batang biasanya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek dalam kurun waktu tertentu. Dalam diagram batang dibutuhkan sumbu datar yang menyatakan kategori atau waktu, dan sumbu tegak untuk menyatakan nilai data.
Diagram garis
Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data yang berkesinambungan/kontinu. Dalam diagram garis, sumbu mendatar menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu tegak menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu.
Diagram Lingkaran
Diagram lingkaran adalah penyajian data dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagianbagian atau persen dari keseluruhan. Jika juring dinyatakan dalam persen maka untuk satu lingkaran penuh adalah 100% dan jika setiap juring dinyatakan dalam derajat maka besarnya sudut dalam satu lingkaran penuh adalah 360 derajat.
3. Coba pikirkan bagaimanakah membuat diagram lingkaran dari data di bawah ini. Ada berapa banyak diagram lingkaran yang mungkin bisa dibuat, dan jelaskan alasannya.
Cara membuat diagram lingkaran dari data berikut ini adalah dengan membagi data menjadi 3 kelompok yaitu siswa laki-laki, siswa perempuan, dan jumlah dari siswa laki-laki dan perempuan.
Jenis Kelamin | Banyak Siswa | |||
---|---|---|---|---|
SD | SMP | SMA | SMK | |
Laki-laki | 1.200 | 1.000 | 750 | 500 |
Perempauan | 1.300 | 750 | 850 | 450 |
Jumlah | 2.500 | 1.750 | 1.600 | 950 |
Ayo Kita Berlatih
1. Buatlah diagram lingkaran dari databanyak siswa kelas 8 berikut ini.
Jenis Kelamin | Banyak Siswa | |||||
---|---|---|---|---|---|---|
Kelas 8-A | Kelas 8-B | Kelas 8-C | Kelas 8-D | Kelas 8-E | Kelas 8-F | |
Laki-laki | 12 | 14 | 13 | 15 | 16 | 14 |
Perempauan | 18 | 17 | 18 | 18 | 16 | 18 |
Jumlah | 30 | 31 | 31 | 33 | 32 | 32 |
Tahun | 2009 | 2010 | 2011 | 2012 | 2013 |
---|---|---|---|---|---|
Banyak Sepeda Motor | 155 | 170 | 185 | 150 | 145 |
3. Data jenis pekerjaan siswa kelas VIII disajikan dalam tabel sebagai berikut.
No | Jenis Pekerjaan | Banyak orang tua |
---|---|---|
1. | Pegawai Negeri Sipil | 35 |
2. | Pegawai BUMN | 15 |
3. | BUMN | 10 |
4. | Pegawai swasta | 20 |
5. | Pedagang | 25 |
6. | Petani | 40 |
7. | Lain-lain | 45 |
Jumlah | 190 |