Postingan

Cara Menggunakan Excel untuk Akuntansi yang Mudah dan Praktis

Cara menggunakan Excel untuk akuntansi memang memberikan banyak kemudahan. Perhitungan yang cukup rumit dan sulit untuk dihitung secara manual, dapat terselesaikan dengan mudah menggunakan Excel. Yang paling penting, dengan menggunakan Excel data akuntansi Anda akan terlihat lebih rapi. Anda tidak perlu membuat garis ataupun tabel secara manual, Excel memang sangat bermanfaat bagi Anda yang bekerja di dunia akuntansi. Contoh penggunaan Excel untuk akuntansi yaitu pembutaan laporan keuangan. Cara membuat pembukuan keuangan sangatlah sederhana, Anda dapat menyimak contohnya berikut ini.

Berikut ini merupakan contoh pembukuan keuangan sederhana yang dapat Anda buat dengan 6 kolom. Kolom yang pertama yaitu berisi nomor, kolom kedua berisi tanggal dan kolom ketiga berisi keterangan. Keterangan ini dapat Anda isi sesuai dengan keinginan Anda, namun harus yang berhubungan dengan uang yang masuk atau keluar. Cara menggunakan Excel untuk akuntansi berikutnya yaitu kolom keempat untuk debet. Sementara kolom kelima untuk kredit dan kolom terakhir untuk sisa.

Langsung saja, cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil dapat dimulai dengan mengisi debet dan kredit. Caranya sangat sederhana, yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi debet dengan kredit yang ada. Misalnya saja debetnya adalah 400 ribu rupiah, sementara kreditnya 75 ribu rupiah. Maka Excel harus menghitung secara tepat dengan hasil sisa yaitu 325 ribu rupiah. Hasil tersebut dapat ditentukan oleh Excel jika Anda memasukkan rumus seperti SUM, IF dan lain sebagainya. Sementara cara menggunakan Excel untuk akuntansi pada contoh tersebut yaitu dengan menggunakan rumus SUM.

Jika Anda ingin Excel memasukkan rumus yang sama untuk baris-baris berikutnya, Anda dapat melakukannya secara mudah. Klik pada kolom hasil sisa yang pertama, setelah itu arahkan pada pojok kanan bawah kolom tersebut sampai muncul tanda Plus (+). Jika sudah, maka Anda dapat menariknya sampai pada baris yang Anda inginkan. Bagaimana, cara menggunakan Excel untuk akuntansi ini sangat mudah bukan. Anda tidak perlu memasukkan satu per satu rumus, hal tersebut tentu sangat melelahkan jika datanya banyak. Perhitungan diatas hanya contoh, jadi gunakan rumus sesuai dengan perhitungan Anda.

Buatlah laporan keuangan Excel gratis sendiri, tidak perlu meminta bantuan orang lain. Namun dalam penggunaan Excel ini perlu berhati-hati, terutama dalam memasukkan data. Misalnya saja Anda ingin menghitung data di kolom G baris ke 5, maka ketikkan G5 di kolom perhitungan. Atau Anda dapat mengklik langsung kolom yang Anda ingin hitung tersebut. Jika Anda salah memasukkan datanya, maka hasilnya juga akan salah. Perhitungan rumus yang rumit biasanya harus menggunakan absolut ($) agar perhitungan tidak salah. Sekian mengenai cara menggunakan Excel untuk akuntansi secara dasar, semoga dapat bermanfaat.